Pages

Selasa, 21 Februari 2017

Profil TPQ Thoriqul Jannah




TPQ Thoriqul Jannah

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”.
(at-Tahrim (66) 6 )

“Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah. Orang tuanyalah yang mendidiknya menjadi yahudi, majusi dan nasrani”
(HR. Bukhari dan Muslim)


PENDAHULUAN
 
TPQ Thoriqul Jannah merupakan lembaga taman pendidikan Al Quran yang telah  berdiri sejak Mei 2016 yang bertempat di Dukuh Mranggen RT 001 RW 05 Kelurahan Mangunsari Gunungpati Semarang. TPQ Thoriqul Jannah berada dibawah naungan Pesantren Bina Ihsan yang merupakan pesantren bagian dari binaan LAZIZ JATENG ( Lembaga Amil Zakat Al Ihsan Jawa Tengah )

Jumlah santri Tpq Thoriqul Jannah semakin hari semakin bertambah hingga saat ini jumlah santri tpq sudah sampai 45 santri yang terdiri dari 22 santri putra dan 23 santri putri.

KEGIATAN

Seiring dengan makin dipercaya masyarakat, pengelola dan pengurus TPQ juga meningkatkan mutu dan kualitas pengajarannya, yaitu dengan meningkatankan Kegiatan-kegiatan ekstra, penyusunan Kurikulum dan tertib Administrasi serta Manajemen pengelolaan TPQ Al-Istiqomah. Kegitan yang saat ini diselenggarakan dan sangat penting adalah :
1.      Kegiatan belajar mengajar (KBM)
2.      Kegiatan ekstrakurikuler (ekskul)
3.      Kegiatan Koordinasi dengan orang tua murid


Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM )
           Kegitan belajar berlangusng setiap hari Ahad sampai dengan hari Kamis di Masjid Thoriqul Jannah yang berada di lingkungan pesantren Bina Ihsan Kel. Mangunsari. Kegiantan belajar meliputi kegigiatan pemberian pengajaran dan bimbingan kepada para santri  yang berkenaan dengan materi pelajaran yang sudah terstuktur dalam kurikulum. 

Kegiatan Ekstrakurikuler ( Eskul )
         Kegiatan  Eskul merupakan kegitan yang bertujuan untuk membangkitkan semangat belajar para santri. Kegiatan yang dimaksud miliputi kegiatan lomba, outbond dan kegiatan tahunan seperti khatamul quran.

Kegiatan Koordinasi dengan Orang tua Murid
         Koordinasi dengan Orang tua murid sangat penting untuk dilakukan demi kelancaran proses belajar serta perlunya tindakan evaulasi pembelajaran. Perkembangan santri perlu juga disampaikan agar setiap orang tua mengetahui perkebangan anaknya.



0 komentar:

Posting Komentar